Apakah Kusen UPVC Paling Mahal?

Conchindonesia.com - Apakah kusen UPVC paling mahal harganya dibandingkan kusen-kusen jenis lain seperti kusen kayu, kusen aluminium, kusen besi, kusen tembaga, dll? Jawabannya: jelas tidak! Kusen termahal di dunia juaranya tetap dipegang oleh kusen kayu. Kecuali kusen jenis apapun yang dilapisi emas atau berlian maka itulah kusen termahal. Tetapi mana mungkin kusen sampai dilapisi emas atau berlian?

Kusen bangunan termahal di dunia
Kusen termahal di dunia tentu saja bukan produk UPVC meski terlihat harganya di atas rata-rata kusen aluminium biasa. Kusen kayu tetap adalah kusen termahal. Di tempat kedua mungkin adalah kusen aluminium YKK rakitan pabrik untuk pasar lokal Indonesia. Berikutnya baru kusen UPVC. image: dreamstime.com
 

Kusen Kayu Tetap Paling Mahal!

 

Mengapa kusen kayu tetap yang termahal? Karena kayu adalah sumber daya alam yang sangat terbatas dan membutuhkan waktu setidaknya 20 tahun untuk mendapatkan kayu berkualitas. Bahkan ada yang membutuhkan waktu minimal 40 tahun seperti kayu-kayu yang diperuntukkan untuk alat-alat musik seperti piano, gitar, biola, dsb..untuk menghasilkan bentuk yang tidak akan pernah berubah dan suara terbaik di kelasnya. Alat musik premium istilahnya yang biasa disebut "masterpiece" yang dipakai para pemusik legendaris yang berjiwa seni tinggi.

 

Sedangkan kita tahu tidak mudah menumbuhkan sebatang pohon yang super tinggi dengan diameter lebar terbaik dan kayu yang padat untuk ditebang, dipotong lalu dijadikan kusen, furniture atau produk turunan kayu lainnya jika waktunya singkat. Butuh waktu yang sangat lama. Sekalipun ada pohon raksasa yang kita temukan tanpa sengaja katakanlah di hutan Pulau Kalimantan yang sangat bagus untuk dijadikan produk industri perkayuan, tetap saja tidak bisa sembarangan ditebang. Penebangan pohon bisa melanggar hukum di berbagai negara karena efek dari perubahan iklim yang sangat drastis yang berdampak pada pemanasan global (global warming). Jadi ada konvensi internasional yang melarang penebangan hutan secara membabi buta (illegal logging). Indonesia termasuk salah satu negara yang sangat melarang pembalakan hutan alam kecuali hutan industri di mana pohon-pohon yang sudah tumbuh besar adalah hasil tanam sendiri.

 

Jadi jangan hanya membandingkan kusen aluminium atau kusen UPVC dengan kusen-kusen kayu biasa yang dijual di lapak pinggir-pinggir jalan. Coba bandingkan dengan kusen kayu berkualitas yang usia pohonnya di atas 20 tahun dengan kadar air yang sangat-sangat kecil. Bahkan beberapa jenis kayu cara jualnya bukan lagi diukur dari panjang lebar melainkan berat per kilogram. Memang tidak semua jenis kayu bisa atau biasa dipergunakan untuk kusen bangunan. Sebagian dipergunakan untuk produk kecantikan kesehatan seperti parfum, obat, wangi-wangian, dsb. Contohnya kayu gaharu. Salah satu kayu unggulan termahal di dunia asli negeri nusantara yang harga per kilogramnya bisa di atas Rp 25 juta. Untuk pasar internasional sendiri bisa di atas Rp 100 juta per kilogram. Bayangkan jika dipergunakan sebagai kusen bangunan meski tidaklah cocok sebab bisa saja cepat lapuk atau habis dimakan rayap karena saking wanginya.

 

Kayu jenis lainnya yang bisa diperuntukkan untuk kusen bangunan, furniture, alat dapur atau alat musik misalnya kayu jenis tigerwood, jati, eboni, cendana, purple heart, bubinga, bocote, lignum vitae, african blackwood dan masih banyak lagi adalah jenis-jenis kayu termahal di dunia. Sudah pasti produk yang dihasilkan harganya juga akan sangat mahal. Dengan demikian kusen termahal jelas adalah kusen kayu. Bahkan ada beberapa jenis kayu berkualitas yang begitu keras sampai serangga seperti rayap pun tidak mau memakannya kecuali terpaksa. Tetapi ya itu tadi harganya mahal, barangnya terbatas sehingga hampir jarang ada yang memakainya sebagai kusen bangunan kecuali pembuatan alat musik.

 

Kusen Aluminium YKK Rakitan Pabrik

 

Kalau anda tahu produk kusen aluminium pasti tahu merek YKK (baca: yekaka atau waikiki). Salah satu merek kusen aluminium dari Jepang meski sudah diproduksi di Indonesia sejak tahun 1988. YKK adalah kusen aluminium termahal dibandingkan kusen-kusen aluminium lainnya yang selama ini mungkin anda pergunakan. Mengapa bisa lebih mahal? Karena lebih mengkilap. Ada lapisan glossy di batangan profile kusennya. Hanya sekali sentuh dan lihat anda bakalan tahu itu adalah kusen aluminium YKK. Mungkin selama ini favorit anda pun adalah produk YKK karena kilapnya.

 

Nah, produk YKK ini ada dua versi. Ada yang namanya versi biasa di mana batangan profile kusen dijual dan didistribusikan lewat distributor secara umum yang dibeli, dipotong, dirakit lalu dipasang oleh para kontraktor kusen aluminium atau tukang aluminium. Namun ada juga yang namanya versi pabrik di mana kusen dipotong dan dirakit langsung dari pabrik YKK-nya itu sendiri. Dengan demikian lebih presisi semua sudut dan lubang bornya. Kurang lebih sama seperti UPVC yang harus dirakit dipabrikasi menggunakan mesin. Meski memang mesinnya berbeda dan cara perakitannya sedikit berbeda. 

 

Harga kusen aluminium YKK rakitan pabrik ini pun jauh lebih mahal dari kusen UPVC. Jadi sampai di sini anda bisa tahu bahwa kusen UPVC bukanlah kusen termahal. Mahal tidaklah selalu jadi jaminan hasil akhir yang optimal. Satu hal yang juga harus anda ketahui adalah meski semua produk hasil rakitan pabrik yang menggunakan teknologi mesin yang super akurat, tetapi pemasangan akhir di rumah atau bangunan tetaplah menggunakan tenaga manusia alias tukang. Jadi hasil akhir tetap ada pada sentuhan tangan manusia itu sendiri yang memanjat dengan tangga, menggantung dengan tali, menempel di stegger scaffolding, mengebor tembok, merekat dengan silikon, dsb..yang terkadang mempertaruhkan nyawa terutama untuk gedung bertingkat tinggi. Tidak mungkin mesin bisa memanjat, menempel bahkan memasang kusen di rumah kita kecuali nanti zaman robot transformers.

 

Kusen UPVC Paling Kedap Suara

 

Meski bukan yang termahal, soal kedap suara kusen UPVC adalah juaranya. Kusen UPVC yang dipergunakan untuk segala aplikasi jendela, pintu, partisi ruangan dan sebagainya saat ini berada di urutan pertama dalam hal mereduksi gangguan suara dari luar. Hal ini dimungkinkan karena profile batangan UPVC itu sendiri yang didesain secara khusus. Ada alur-alur atau kolom-kolomnya yang memang difungsikan sedemikian rupa.


Kesimpulannya: UPVC sekilas harganya memang lebih mahal dari produk-produk kusen aluminium biasa apalagi kusen kayu biasa. Namun UPVC bukanlah yang termahal. Soal kedap suara, pilihan terbaik saat ini masih dipegang oleh profil kusen UPVC apapun mereknya baik produksi lokal atau luar. Merek UPVC hanya soal jaminan kualitas barangnya saja, teknologi pembuatannya dan layanan purna jual.

 

Kalau anda mau yang termahal terlihat natural jika cocok dengan desain bangunan maka bisa gunakan kusen kayu premium meski sulit mendapatkan jaminan anti rayap selamanya. Jika mau yang mengkilap terlihat bagus versi aluminium maka gunakan produk YKK. Jika mau yang kedap suara dan berkelas maka gunakan UPVC. Jika hanya sekadar anti rayap, anti lapuk dan murah meriah maka gunakan kusen aluminium biasa. Mau yang tampak unik dan berbeda dari orang-orang pada umumnya maka bisa gunakan kusen besi, tembaga atau logam-logam lainnya. Semua produk sudah ada kelasnya masing-masing, sesuai desain dan model struktur bangunan dan tentu saja selera setiap orang bisa berbeda-beda.