Pintu Double Swing UPVC Conch

Conchindonesia.com - Sebelumnya pernah kami jelaskan mengenai pintu swing (swing door). Nah, bagaimana dengan pintu double swing ini? Gampang banget dipahami. Double artinya ganda atau kembar. Dengan demikian adalah jenis pintu swing yang daun pintunya dua: kanan dan kiri. Hanya berbeda di jumlah daun pintunya saja. Untuk mudahnya silakan langsung melihat contoh foto atau gambar di bawah ini.


Pintu Double Swing UPVC Conch

 

Pintu kayu dua daun double swing
Pintu dengan dua daun pintu (double swing) yakni sebelah kanan dan kiri. Di foto ini adalah pintu yang berbahan dasar material kayu. Biasanya pintu double swing kayu jamak dipakai atau dipasang sebagai pintu utama dari sebuah rumah (bangunan). Biar lebih luas dan tampak lebih indah.
Pintu double swing material UPVC
Tampak di gambar ini adalah salah satu contoh pintu double swing juga. Lokasi atau posisi pemasangan di lantai dua (lantai atas). Bahan yang dipergunakan adalah profil UPVC.
Pintu buka ganda UPVC
Ini juga salah satu contoh dari pintu double swing dan berbahan UPVC. Jadi bahannya bisa macam-macam sesuai selera, tipe bangunan, desain, fungsi pintu itu sendiri dan tentunya anggaran.

Mengenai bahan atau material pembuatan pintu double swing bisa macam-macam. Sekali lagi tergantung selera si pemilik rumah atau pemilik bangunan, desain atau model bangunan, peruntukan kegunaan, dsb. Bisa berbahan kayu, kaca, UPVC, aluminium, PVC, plastik, besi, logam lainnya, gipsum, triplek, dst. Kalau berbahan full kaca maka sering juga disebut pintu kaca frameless. Yakni tidak menggunakan rangka sama sekali atau dengan rangka minimum.

 

Mengapa sampai harus menggunakan dua daun atau pintu double swing ini? Karena memang kebutuhan dari desain atau struktur bangunan itu sendiri. Selain alasan artistik dan estetika, biasanya adalah masalah fungsional. Dengan dua daun maka akan tampak lebih lapang, lebih lebar, lebih luas dan lebih lega untuk mobilitas (keluar masuk) termasuk sirkulasi udara. Meski dibuatkan dua daun, jika hanya ingin membuka salah satu sisi juga memungkinkan. Bagaimana kalau dibuatkan tiga daun? Ini bukan lagi triple swing dan memang tidak ada triple swing. Kalau sudah lebih dari dua daun pintu maka pilihannya sudah pasti adalah pintu folding atau pintu sliding.

 

Ya Betul: Pintu Indomaret Alfamart!
 

Kalau anda sering keluar masuk belanja atau ambil uang di minimarket seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Familymart atau sejenisnya, pintu yang digunakan biasanya adalah double swing ini. Makanya pintu double swing juga sering dijuluki dengan sebutan "pintu indomaret" atau "pintu alfamart". Maksudnya ya pintu double swing ini. Karena kedua ritel ini selalu menggunakan pintu yang bisa dibuka bersamaan kanan kiri dengan dua daun. Hampir jarang yang hanya satu daun kecuali pintu tembus ke bagian gudang atau toilet. Kalau satu daun ya namanya pintu swing. Meski bahan yang dipergunakan kebanyakan adalah rangka aluminium dengan panel kaca. Biasanya satu kesatuan dengan partisi kaca mati di bagian depannya.

 

Pintu Indomaret double swing
Pintu double swing ini secara umum dikenal juga dengan julukan pintu "indomaret" atau "alfamart". Karena memang double daun pintunya. Bahannya rata-rata menggunakan kusen aluminium dengan panel kaca aka "pintu kaca aluminium".

Kami anggap sudah cukup jelas. Mengenai apakah daun pintunya dibuka ke dalam atau ke luar tergantung selera si pemilik rumah atau pemilik bangunan. Saran kami coba membaca artikel dari kami mengenai: pintu buka arah luar atau arah dalam? Kalau misalnya seperti pintu Indomaret atau Alfamart yang bisa dibuka dua sisi (ke dalam atau ke luar) itu karena menggunakan engsel tanam di bawah keramik atau tanah/semen. Pintu yang menggunakan engsel tanam seperti ini biasanya disebut juga pintu dorma sesuai merek dari engselnya yakni "Dorma". Mungkin saking terkenalnya merek engsel satu ini padahal ada juga merek lain seperti Dekkson, Ryobi, Denka, Krisbow, Cisa, dsb. Namun secara umum pintu yang menggunakan engsel tanam baik itu satu daun atau dua daun disebut pintu floor hinge.