Jendela Kaca Mati UPVC Conch

Conchindonesia.com - Apa maksud dari "jendela kaca mati"? Sangat mudah dipahami! Jendela kaca mati atau kadang juga disebut kaca mati adalah jendela yang tidak bisa dibuka sama sekali. Makanya mati! Menggunakan kaca sebagai panelnya sementara keempat sisinya bisa menggunakan kusen kayu, kusen aluminium atau kusen UPVC atau tidak menggunakan kusen sama sekali. Soal jenis, warna dan ketebalan kaca bisa disesuaikan tergantung selera si pemilik bangunan, seni dekorasi serta nuansa yang ingin diciptakan. Yang tidak ada itu adalah pintu kaca mati karena fungsi pintu ya buat jalan keluar masuk ruangan, mana bisa dan mana boleh mati alias tidak bisa dibuka? 

 

Jendela Kaca Mati UPVC Conch


Boleh dibilang hampir semua rumah baik rumah sederhana, kelas menengah atau paling megah dan paling mewah pasti ada jendela kaca matinya. Bukan cuma rumah tetapi setiap bangunan entah itu hotel, apartemen, villa, pabrik, showroom, butik, restoran, gedung perkantoran, laboratorium, klinik kesehatan, dll. Kalau tidak dalam bentuk utuh satu jendela, bisa juga jendela kaca mati ini dikombinasikan atau disandingkan dengan jendela jungkit, swing, sliding, casement, dsb. Bisa di bagian tengah, sisi kanan kirinya atau secara selang seling. Jendela kaca mati juga ada berbagai model dan desain sesuai perkembangan teknologi dan penerapan seni bangunan. Beberapa contoh jendela kaca mati bisa disimak lewat foto atau gambar di bawah ini.

 

Jendela kaca mati di kamar tidur
Ini adalah contoh penerapan atau maksud dari jendela kaca mati. Jendela ini tidak bisa dibuka sama sekali. Fungsinya sebagai penerangan selain untuk dekorasi artistik. Dalam contoh ini adalah jendela kaca mati dua daun atau dua skat. Penggunaan kusen sebagai penyangganya bisa kusen kayu, kusen aluminium atau kusen upvc.

Jendela kaca mati upvc kombinasi jendela jungkit
Seperti penjelasan sebelumnya, di bagian tengah (daun tengah) adalah jenis jendela kaca mati alias tidak bisa dibuka (dioperasionalkan). Kombinasi seperti ini sangatlah jamak ditemukan di berbagai rancangan aplikasi jendela pintu untuk bangunan.
Kombinasi jendela kaca mati upvc
Salah satu contoh ruangan rumah pribadi yang menggunakan kombinasi kaca mati untuk penerangan (cahaya matahari) dan sirkulasi udaranya. Selain itu juga nuansa yang ingin diciptakan (dekorasi artistik). Tampak ada banyak jendela kaca mati yang tentu saja dikombinasikan dengan pintu geser (sliding door) sebagai pintu utama arah ke kolam renang (swimming pool) dan taman.
Jendela kaca mati UPVC Conch
Ilustrasi jendela kaca mati menggunakan kusen upvc conch di sebuah sudut rumah lantai atas. Tampak juga ada jendela jungkit di salah satu sisinya. Anda pun bisa menerapkan berbagai model atau desain sesuai dengan bentuk bangunan atau ruangan anda serta saran dari arsitek atau desainer yang merancang bangun properti anda tersebut.
Jendela kaca mati es
Sebenarnya ini juga adalah sebuah jendela. Hanya saja tidak menggunakan kusen sama sekali dan tidak menggunakan kaca biasa melainkan kaca es balok. Biasanya fungsinya untuk penerangan saja dan seni dekorasi. Tergantung letak jendela, desain bangunan, fungsi kegunaan dan selera.
Jendela mati kaca patri upvc
Yang ini juga adalah sebuah jendela. Namun lebih kepada penerapan seni dan teknologi kaca itu sendiri. Ini adalah jenis jendela kaca patri di mana untuk melekatkan potongan-potongan kaca warna warni khusus ini menggunakan las logam tembaga atau kuningan.
Jendela kaca mati patri di masjid musholla
Jendela tidak selalu harus di bawah atau di sebuah sisi tembok melainkan juga bisa di atas. Salah satu contoh adalah seperti jendela kaca mati patri di atas kubah masjid seperti ini. Fungsinya sebagai penerang selain seni artistik. Tak hanya tempat ibadah seperti masjid, gereja, vihara melainkan juga bisa gedung-gedung atau bangunan-bangunan yang memang didesain seni seperti museum, kastil, koloseum, showroom pameran, dsb. Bahkan rumah pribadi pun bisa sesuai selera dan fungsinya.

Beda Kaca Mati vs Partisi Ruangan

 

Apa beda antara jendela kaca mati dengan partisi ruangan jika dikaitkan dengan penggunaan kusen sebagai penyangganya? Dari sisi pembuatan dan perakitan sebenarnya tidak ada yang begitu berbeda. Hanya mungkin soal ukuran dan fungsional saja. Partisi ruangan biasanya ukurannya sangatlah besar, lebar serta tinggi dan fungsinya sebagai partisi atau sekat ruangan. Sementara jendela ya fungsinya sebagai jendela untuk pencahayaan dan sirkulasi udara. Kalau jendela posisi pembuatan atau penerapannya mungkin di setiap kamar atau ruangan entah itu kamar mandi, kamar tidur, kamar pembantu, ruangan dapur, ruang keluarga, ruang tamu, dsb. Sementara partisi ruangan ya untuk ruangan saja dan biasanya ruangan kerja atau kantor. Namun ada juga jendela kaca mati yang ukurannya sangat besar tergantung selera pemilik rumah itu sendiri dan desain dekorasi.


Kami rasa cukup jelas penjelasan mengenai maksud dari jendela kaca mati ini. Jendela yang tidak bisa dibuka dan lebih kepada fungsi penerangan saja. Untuk keindahan, kemewahan atau seni bangunan ruangan yang ingin anda ciptakan bisa berkonsultasi dengan kontraktor, arsitek atau desainer bangunan anda. Jangan lupa demi keindahan, kenyamanan dan penghematan biaya perawatan di masa yang akan datang, tidak ingin terus bongkar pasang renovasi kusen, jika memilih menggunakan kusen, saran kami gunakan kusen jenis UPVC. Kusen kayu jelas akan bikin repot dan pusing 7 keliling seperti: lapuk, rontok, dimakan rayap, cat  mengelupas, dsb. Sementara kusen aluminium sudah sangat tertinggal dari segi penerapan teknologi. UPVC CONCH INDONESIA adalah jaminan kualitas untuk bangunan anda. Percaya deh!