Pintu Swing UPVC Conch

Conchindonesia.com - Pintu yang paling umum dipergunakan dan yang paling kita kenal selama ini dari zaman dahulu kala adalah model atau tipe pintu swing (swing doors). Mengapa disebut pintu swing? Dalam bahasa Inggris swing artinya "ayunan" atau "mengayun". Jadi jenis pintu ini adalah pintu yang dibuka di mana daun pintunya akan membuka (mengayun) ke arah kanan atau arah kiri. Istilahnya dorong kanan atau dorong kiri, tarik kanan atau tarik kiri. Tergantung selera si pemilik rumah. Dalam hal ini adalah posisi letak pintu tersebut: apakah di sebelah kanan atau kiri dari sebuah struktur desain bangunan.


Pintu Swing UPVC Conch


Mungkin ada yang berkata bahwa semua pintu juga dibuka dengan cara diayun. Belum tentu Kawan. Ada jenis pintu yang dibuka dengan cara dilipat (dorong sambil lipat) atau yang kita kenal dengan nama pintu lipat (folding door), ada juga yang dibuka dengan cara digeser yakni sliding door, ada yang namanya pintu otomatis memakai remote control atau sensor, ada juga pintu putar yang berbentuk bundar, pintu yang digulung ke atas seperti rolling door, dsb. Jadi tidak semua diayunkan seperti pintu swing ini. Karena terbiasa dengan pintu model swing maka pintu ini menjadi pilihan banyak orang. Tak berbeda jauh dengan jendela swing.

 

Pokoknya gampang dikenali. Semua rumah atau bangunan baik residensial atau komersial boleh dibilang 99,9% pasti minimal menggunakan satu unit jenis pintu swing. Baik itu untuk pintu utama, pintu kamar, pintu kamar mandi, pintu koneksi (connecting room), pintu garasi, pintu belakang, pintu samping, pintu taman, dst. Pintu swing kalau cuma satu daun pintunya disebut pintu swing, jika menggunakan dua daun pintu maka disebut "double swing".


Biar gampang dipelajari, ada baiknya kita melihat serta memperhatikan beberapa contoh atau foto pintu swing di bawah ini.

Pintu swing bahan kayu
Pintu paling umum dipakai bukan? Inilah pintu swing maksudnya. Bukanya dengan cara didorong atau ditarik tergantung peruntukannya. Biasanya di rumah-rumah kita berbahan dari kayu.
Pintu swing depan rumah
Pintu swing bisa dipakai di area mana saja mulai sebagai pintu kamar tidur, pintu kamar mandi, pintu taman, pintu utama, pintu garasi, pintu taman, pintu koneksi, pintu dapur, dsb. Dalam foto ini terlihat sebagai pintu utama dari sebuah rumah.
Pintu swing bukaan ke arah dalam ruangan
Pintu swing bukaan ke arah dalam.
Pintu swing bukaan ke arah luar ruangan
Pintu swing bukaan ke arah luar. Modelnya sih di bagian atas ada setengah lingkaran bukan kotak seperti biasa. Tetapi jenisnya tetap pintu swing.
Pintu swing untuk kamar tidur
Penggunaan model pintu swing untuk kamar tidur.
Pintu swing berbahan aluminium kaca
Pintu swing berbahan aluminium dengan panel (bahan) kaca.
Pintu swing berbahan upvc
Yang satu ini juga pintu swing dengan bahan UPVC dan kaca. Terlihat sekilas tak jauh berbeda dengan material aluminium, bukan?

 

Perlu untuk diketahui yang kita bicarakan di sini adalah model, tipe atau jenis pintu berdasarkan cara penggunaan atau operasionalnya. Mengenai bahannya bisa macam-macam mulai dari kayu, triplek, gipsum, lembaran seng, aluminium, kaca, upvc, lempengan besi, pvc, plastik, tembaga, aluminium composite panel (ACP), dsb. Tergantung peruntukannya. Misalnya untuk instalasi militer rahasia atau laboratorium nuklir atau laboratorium kimia berbahaya tentu bahannya logam yang harus tahan panas dan sangat berat.


Sedangkan untuk desain atau motif pintu itu sendiri bisa bermacam-macam sesuai selera dan ketersediaan dari pabrik, kontraktor, tukang atau fabrikator pintu itu sendiri. Ada yang harus dibuat dan dirakit secara manual dengan tangan seperti pintu berbahan kayu dengan ukiran, namun ada juga yang sudah banyak motif dari pabrik seperti pintu plastik. Oya, plastik bukan PVC dan bukan UPVC loh. Sekilas memang tampak sama.