Seputar Harga Kusen UPVC Conch

Conchindonesia.com -  Jika anda sedang mencari tahu mengenai harga pasaran kusen UPVC khususnya UPVC merek Conch, penjelasan di bawah ini barangkali bisa membantu. Harga memang sangat sensitif terutama di situasi kondisi perekonomian belum pulih benar. Kalau bisa hemat tentu kita harus hemat, bukan? Tapi "murah" bukan berarti paling hemat loh ya apalagi untuk produk-produk custom jadi upvc. Alih-alih mau hemat malah belakangan hancur dan kecewa. Kok bisa?


Seputar Harga Kusen UPVC Conch di Indonesia
Penjelasan mengenai harga pasaran kusen, jendela, pintu, partisi produk UPVC Conch di bawah ini bisa dijadikan masukan atau bahan pertimbangan agar tidak salah memilih tukang atau kontraktor UPVC.

Seputar Harga Kusen UPVC Conch


Berikut adalah beberapa poin penting yang harus anda pahami ketika berminat memesan, memasang atau menggunakan bahan kusen UPVC untuk proyek-proyek bangunan anda, entah itu rumah pribadi, villa, hotel, ruko, rukan, tempat usaha, pabrik, ruang kantor, showroom, restoran, proyek klaster perumahan, bengkel, tender proyek, gedung pemerintah, sekolah, kampus, gedung perkantoran, dsb.


Tidak Curi Bahan!


Pastikan aplikator atau kontraktor UPVC yang ada gunakan kredibel dan bisa dipercaya! Kita sedang bicara produk UPVC, bukan aluminium atau kayu. 


Kalau aluminium atau kayu jelas tidak bisa dicuri bahannya karena kelihatan kasat mata di depan. Paling yang bisa dicuri hanya merek atau tebal tipisnya profil aluminium. Tetapi kalau anda meminta merek misalnya alexindo atau ykk pasti tidak akan bisa diakali lagi karena masih ada sticker tempelannya. Kalau kayu mungkin kayu murah atau kelas menengah dibilang kayu kualitas prima. Atau kayu bekas pakai dibersihkan lalu diklaim kayu baru. Ini harus lebih diwaspadai.


Bagaimana dengan kusen UPVC? Kusen UPVC tidak dikerjakan seperti kusen aluminium kecuali proyek besar di mana mesin dikirimkan ke sana untuk alasan efisiensi. Semua kusen UPVC selalu dipotong, dirakit lalu disatukan dengan mesin welding di pabrikasi. Setelah selesai baru dikirim atau diantar ke lokasi untuk dirakit atau dipasang langsung sesuai opening bangunan. Semua kontraktor dan aplikator UPVC cara kerjanya hampir sama karena memang begitu prosedurnya. Apakah bisa dicuri bahannya? Jelas bisa! Yang dicuri bukan profil kusen UPVC-nya tetapi besi re-inforce-nya. Semua produk jendela, pintu, partisi kusen, dsb...yang memakai UPVC membutuhkan batangan besi galvanis di bagian tengahnya. Nah, inilah yang dicuri. 

 

Caranya bagaimana? Pertama: besi galvanis diganti besi hollow biasa. Sudah jelas harganya jauh lebih murah. Kedua: tidak dipasang sepanjang alur kusen UPVC melainkan hanya di titik-titik atau sudut-sudut tertentu. Padahal batangan besi galvanis ini harus sepanjang profil kusen UPVC itu sendiri agar kuat. Kecuali dalam penerapan kadang dikurangi hanya beberapa centimeter (cm) agar bisa dirakit sempurna. Ada lagi modusnya besi diganti kayu, diisi semen, dsb. Pokoknya bisa parah deh!


Karena dicuri atau diganti material lain, otomatis harganya juga lebih murah. Karena sudah dirakit dalam bentuk jadi dari pabrikasi (workshop/pabrik), bagaimana anda sebagai owner bisa tahu? Sekarang anda sudah paham mengapa ada kusen UPVC Conch yang sangat murah dan ada yang terasa lebih mahal. Gampang kan?

 

Merek Kusen UPVC

 

Sama seperti kusen kayu atau kusen aluminium. Selain ada banyak merek juga bisa kandungan materialnya. Beda jenis kayu (meranti, bengkirai, kruing, jati, merbau, mahoni, sengon, ulin, dsb.) atau beda merek kusen aluminium (alexindo, superex, ykk, dacon, dsb.) tentu beda harga bukan? Begitu juga dengan kusen UPVC. Ada banyak sekali mereknya di pasaran. Ada merek lokal namun ada juga yang impor. Rata-rata memang impor karena merek lokal hanya KENDS UPVC yang pabriknya ada di Kendal, Semarang.


Impor pun ada banyak sekali mereknya termasuk kualitasnya. UPVC CONCH termasuk produk impor dan sudah sangat terkenal. Kalau ada yang menawarkan UPVC impor tetapi harganya lebih murah bisa dipastikan bukan merek terkenal tetapi merek yang dibuat sendiri. Anda tahu sekarang kita bisa memesan apapun di luar negeri terutama Tiongkok, India, Taiwan bahkan Vietnam dengan merek-merek yang kita mau. Mungkin di awal terlihat sama tetapi seiring berjalannya waktu kekuatan dan kualitasnya akan menurun atau ada masalah seperti retak, getas, dst. Dan cara untuk memastikan mereknya bisa dilihat dari pembungkus atau sticker yang masih melekat di profil kusen itu sendiri sebelum pembersihan setelah rapi terpasang.


Jadi kalau ada yang menawari anda produk UPVC dengan harga murah, tinggal pastikan saja itu produk lokal atau impor? Kalau impor apakah merek terkenal, merek baru atau merek yang dibuat sendiri. Gampang, bukan? Jangan sampai anda ingin memakai UPVC CONCH malah dialihkan ke merek-merek lain yang meragukan atau uji coba pasar. Begitu anda meminta servis atau perbaikan, ke mana anda harus mencarinya? Bahkan penjualnya dan aplikatornya pun sudah bubar. Karena memang dari awal pabriknya sudah tidak jelas.

 

Teknologi Mesin Welding dan Mesin Pendukung

 

Anggap saja anda memilih UPVC CONCH. Mereknya jelas, satu tipe profil yang sama sebab diproduksi dari pabrik yang sama: Anhui Conch China (Anhui Cement China).


Nah, penggunaan mesin produksi seperti mesin welding juga bisa menjadi faktor penentu harga akhir produk UPVC antara aplikator A vs aplikator B. Karena memang harga mesin sudah berbeda dari awal. Ada mesin welding portable macam setrika dan ada mesin welding instalasi. Kalau portable yang bisa dibawa-bawa macam setrika baju. Sebaliknya mesin instalasi tidak bisa karena beratnya bisa hampir 2 ton. Mesin instalasi saja ada yang standar dan ada yang seamless. Mesin yang seamless saja ada yang kepala satu (single head), kepala dua (double head), kelapa tiga hingga kepala empat. Penggunaan daya listrik serta peralatan penunjang lainnya juga berbeda. Belum mesin v, mesin bor, mesin potong, dsb. Ada banyak sekali dan ini menentukan investasi modal awal sang aplikator. Makin lengkap dan bagus mesinnya maka hasil kerja jauh lebih rapi, bagus dan cepat.


Dengan demikian harga jual pasti berbeda, bukan? Anda servis mobil di bengkel jalanan, bengkel biasa atau bengkel resmi, jelas bengkel resmi lebih mahal bukan? Karena ada kelengkapan mesin, training teknisi, jaminan kualitas dan komplain yang bisa diterima dan dilayani sewaktu-waktu. Beda dengan bengkel jalanan yang hari ini buka, besok bisa tutup atau menghilang pindah lokasi. Pusing deh kalau bengkel abal-abal!


Jangan sampai salah pilih ya! Nanti nyesal tidak ada pelayanan tambahan. 


Profil UPVC Dihilangkan


Karena anda masih baru di dunia konstruksi khususnya UPVC mungkin anda berpikir bahwa dengan mengganti material aluminium atau kayu dengan profil UPVC maka sudah jadi pintu jendela UPVC. Bisa jadi benar, bisa jadi salah! Kebanyakan pemilik bangunan tidak paham hal ini dan banyak yang salah kaprah. Mereka meminta tukang aluminium mengganti kusen aluminium dengan kusen upvc. Hasilnya amburadul. Sudut-sudut jendela dan pintu dipotong persis model jendela pintu aluminium rata (kotak). Padahal UPVC itu sudutnya V atau ^ atau < dan > karena dipotong lalu disatukan dengan mesin welding. Karena tukang aluminium tidak punya mesin otomatis dipotong biasa dan hanya disealant. Jelas harga jualnya lebih murah tetapi itu salah! Itu bukan UPVC tetapi aluminium yang memaksakan UPVC.


Selain pekerjaan yang keliru di atas, ada juga yang terlihat murah karena beberapa jenis profil UPVC dihilangkan. Nah, anda harus berhati-hati karena UPVC bukan aluminium atau kayu. Ada profil CP yang mendukung tiang tengah yang tidak dikenal di produk kusen aluminium. Kecuali memang bangunan anda tidak memakai profil CP. Namun rasanya mustahil jika ada begitu banyak jendela atau pintu apalagi yang tinggi dan lebar dengan kaca tebal. Jadi dengan teknik mencuri bahan yang kami terangkan di paling atas lalu lalu menghilangkan (mencuri) bahan profil maka sudah jelas harga jual bisa jauh lebih murah.


Aksesoris UPVC


Aksesoris yang dipergunakan juga bisa sangat menentukan harga akhir sebuah hitungan jendela atau pintu bangunan. Sama seperti produk kusen aluminium, kusen UPVC juga mengenal ada begitu banyak merek dan jenis aksesoris seperti handel, kunci, engsel, roda, sealant, karet, dsb. Beda merek sudah pasti beda harga. Bahkan ada aksesoris yang tidak bermerek. Mau murah tentu pakai merek yang murahan, tetapi jika mau yang berkualitas dan bagus maka tentu menggunakan merek yang bagus.


Diskon Sales Marketing


Semua perusahaan ada marketing-nya. Kami rasa anda paham betul karena di bisnis yang anda lakoni saat ini pasti juga menggunakan tenaga pemasaran. Nah biasanya soal harga juga bisa tergantung program promosi marketing seperti ini. Ada program diskon! Biasanya semakin besar nilai proyek kita maka bisa mendapatkan diskon yang lebih bagus. Setiap perusahaan aplikator upvc dalam hal ini pasti punya kebijakan berbeda-beda. Dengan demikian sudah pasti akan berbeda harga jual juga.


Fluktuasi Kurs dan Inflasi

 

Produk impor sangat sensitif terhadap perubahan nilai tukar mata uang asing (kurs). Jadi ketika misalnya harga dollar Amerika Serikat (US$) naik, jangan berharap harga kusen UPVC Conch murah. Jelas akan naik sama seperti produk-produk impor lainnya. Sebab kalau dijual murah tentu tidak akan mampu beli lagi bahkan dengan keuntungan yang sudah didapatkan. Begitu juga dengan yang namanya inflasi. Tiap tahun harga barang-barang (produk jasa) selalu naik.


Kesimpulannya: pastikan menggunakan UPVC merek CONCH untuk jaminan kualitas. Pilih aplikator yang tidak menipu atau mengadali anda. Aplikator terpercaya yang punya mesin canggih terbaik di kelasnya. Yang bisa memberikan anda jaminan after sales service. Dengan demikian harga yang anda dapatkan benar-benar sesuai dengan produk dan layanan yang anda terima. Jika dapat harga lebih murah tentu lebih baik. Kalau anda tetap memilih yang murahan, semuanya ada di tangan anda! Kami sudah jelaskan sebaik-baiknya!