Merek-Merek Aksesoris Kusen UPVC

Conchindonesia.com -  Ada berapa macam merek aksesoris (accessories) untuk kusen UPVC di pasar Indonesia? Mungkin dari antara anda sering menanyakannya atau mencari tahu informasinya lewat internet. Baiklah, kami akan memberitahu anda beberapa merek aksesoris yang paling sering dipergunakan oleh aplikator atau kontraktor UPVC di seluruh Indonesia. Apapun itu jenis dan merek UPVC yang dipergunakan biasanya aksesoris-aksesoris inilah yang diaplikasikan. Tinggal anda putuskan sendiri mau memakai merek apa. Kalau mau gampang serahkan kepada aplikator karena mereka sudah berpengalaman. Biasanya ada harga ada barang! Mau kualitas bagus tentu aksesorisnya tidaklah murah atau murahan.

 

Pembuatan aksesoris UPVC di pabrik
Ilustrasi proses pembuatan aneka aksesoris untuk UPVC. Meski yang begini produk akhirnya sudah sangat bagus masih bisa dibilang bukan produk pabrikan melainkan UMKM (home industry). Image: alibaba.com 

Merek-Merek Aksesoris Kusen UPVC


Kalau soal model, aksesoris UPVC ada banyak jenis dan modelnya terutama untuk handel atau pegangan (handle). Tiap-tiap merek pasti menawarkan model yang menurut mereka paling bagus dan elegan. Model ini pun biasanya setiap tahun selalu keluar yang terbaru seperti ponsel. Namanya fashion! UPVC boleh dibilang fashion juga loh, karena rumah atau bangunan yang dibangun dengan kusen UPVC akan tampak lebih indah dan artistik. Anda bisa membuktikannya sendiri nanti dibandingkan kusen aluminium. Sebenarnya kusen kayu jauh lebih artistik dan indah hanya saja kekurangannya yang terkadang bikin repot seperti lapuk, memuai, dimakan rayap selain harganya yang super mahal untuk kualitas grade terbaik.


Aksesoris UPVC bisa meliputi: handel (handle), kunci (key set), engsel, casement, stoper, roda, karet (bead), karet kaca (rubber), silikon (sealant), dsb. Ada yang berbentuk kotak, lonjong, panjang, pendek, agak bulat, melengkung, dsb. Pokoknya mirip aksesoris kusen aluminium. Hanya saja aksesoris kusen aluminium tidak bisa dipakai buat kusen UPVC, begitu sebaliknya. Ada beberapa yang mungkin bisa tetapi tidak dianjurkan sama sekali. UPVC ada aksesorisnya tersendiri karena profil UPVC sudah berbeda dari profil kusen aluminium. Jadi jangan pernah tanya misalnya apakah aksesoris dekkson bisa buat UPVC? Jelas tidak bisa! Kalau mau dipaksakan mungkin bisa tetapi tidak akan berfungsi dengan lancar barangkali. Karena kami sendiri tidak pernah mencobanya. Tak tahu kalau nanti dari pabrik dekkson mengeluarkan produk khusus buat UPVC. Bisa saja karena tuntutan pasar. Namun kalau aksesoris untuk kaca seperti karet atau silikon (sealant) mungkin antara kusen aluminium  dan kusen UPVC bisa dipergunakan. 


Di bawah ini adalah merek-merek aksesoris UPVC yang paling sering ditemukan atau yang paling banyak dipergunakan. Namun ini perkiraan saja karena belum ada survey resmi aksesoris UPVC terfavorit. Harganya pun beda-beda. Tinggal anda cek ke distributor resmi di kota anda atau toko bangunan terdekat yang barangkali menjualnya. Yang pasti di market place macam e-commerce Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak banyak yang menjualnya. 

  • Kinlong
  • Boyu
  • EuroQueen
  • Assa Abloy (Quogiang),
  • Yale
  • Roto
  • Yaer
  • TLG
  • Chugn
  • Wina
  • dst...


Tentu masih ada merek-merek lain tetapi jarang didengar atau jarang dipergunakan karena mungkin peruntukannya hanya untuk merek-merek UPVC tertentu. Ada banyak sekali karena memang ada banyak tawarannya. Yang tidak bermerek juga ada. Karena tidak ada merek ya tentu tidak bisa disebutkan. Tahulah namanya sekarang banyak produk Cina menggempur semua pasar seluruh dunia terkadang ada juga masuk aksesoris UPVC tanpa merek tetapi mirip dan persis sama. 


Bagaimana dengan UPVC Conch? Conch jelas tidak memproduksi merek aksesoris sendiri. Biasanya untuk UPVC CONCH orang-orang sering menggunakan produk dari Kinlong Hardware. Karena Kinlong ada semacam kerjasama dengan Conch secara bisnis dan teknologi untuk aplikasi "door windows upvc-nya". Apakah aksesoris Kinlong terbaik? Tidak juga! Intinya: semua aksesoris itu adalah produk massal dari pabrikan. Namanya produk massal tentu dari 10 item yang dibuat dan dikeluarkan tidak semuanya the best di pasar. Mungkin 7 terbaik di sisi handel tetapi 3 kalah di engsel dan begitu seterusnya.


Intinya serahkan kepada aplikator atau kontraktor spesialis UPVC yang menangani rumah, bangunan atau proyek anda. Jika mereka profesional pasti mereka tahu memberikan yang terbaik untuk anda. Mereka sudah paham untuk bangunan ini harus pakai yang mana, untuk model konstruksi begini harus pakai yang mana, jendela begini bagus merek apa, pintu model begini wajib aksesoris apa, dst. Bahkan untuk yang permintaannya hunian massal yang murah harus pakai yang apa. 


Asal anda jangan mau yang paling bagus, terus mau paling murah dan mau yang paling awet penggunaannya. Mana ada Bosku? Ayolah..jangan berlebihan!