4 Bahaya Utama UPVC Tidak Berkualitas

Conchindonesia.com - Tahukah anda bahwa penggunaan bahan kusen UPVC abal-abal atau yang tidak dikenal secara umum bisa membahayakan atau mengurangi nilai estetika dari konstruksi sebuah bangunan? Karena kualitas pembuatannya dari pabrik memang sudah tidak memenuhi standar UPVC yang baik dan benar. Harga mungkin lebih murah karena memang kualitasnya di bawah standar. Apakah bisa dipergunakan? Jelas bisa! Apakah bisa dipakai buat merakit aneka pintu dan jendela? Sudah pasti! Lalu seperti apakah bahaya atau risiko UPVC tidak berkualitas ini? Berikut kami rangkum untuk anda!


4 Bahaya Utama UPVC Tidak Berkualitas


Dari pengalaman kami sekian puluh tahun terjun sebagai aplikator kusen UPVC, kami menemukan ada beberapa bahaya utama dari penggunaan kusen UPVC yang tidak berkualitas. Tanpa menyebut merek atau nanti dibilang tukang promosi, berikut di bawah ini adalah keempat bahayanya. Anda dipersilakan mempertimbangkannya sendiri dengan akal sehat anda. Jika menurut anda apa yang kami katakan ini benar maka jadikan sebagai pertimbangan ketika harus memilih produk kusen UPVC. Jika dianggap apa yang kami ceritakan ini mengada-ada atau berlebihan, cuekin saja. Gitu saja kok repot!


Keluar Tepung


Produk UPVC termasuk sejenis turunan plastik berbahan dasar polimer. Nah, UPVC yang tidak berkualitas suatu hari dari permukaannya akan keluar semacam tepung. Bukan debu loh ya tetapi bahan dasar UPVC itu sendiri yang mengelupas. Tidak akan kelihatan secara kasat mata kecuali kita colek. Kalau debu biasanya berwarna cokelat atau hitam dan ini wajar sebab proses alam yang terbawa angin. Tetapi serbuk halus ini putih, cokelat atau hitam sama seperti warna UPVC yang kita pergunakan. Bahan UPVC itu yang mengelupas. Kalau anda tahu tepung, kurang lebih seperti itu. Ketika kita sentuh dengan jari akan tampak menempel di jari kita. Ini bertanda kualitas bahan pembuatan UPVC itu tidak bagus.


Sudah pasti lama kelamaan akan bercak lalu timbul lubang-lubang kecil seperti bekas jerawat dan akhirnya hancur atau patah batangan kusen UPVC tersebut. Jika itu terjadi di bangunan kita maka daya tahan penggunaan pintu dan jendela tersebut akan ambruk. Pokoknya berantakan pada akhirnya. Apalagi jika kualitas besi re-inforce di dalamnya juga abal-abal atau tidak dipasang sebagai mana mestinya. Hancur kabeh!


Getas


Kalau yang ini berhubungan dengan sinar matahari. Seperti kita ketahui ada beberapa daerah di bumi nusantara ini yang mendapatkan paparan sinar matahari yang sangat menyengat dan panasnya luar biasa. Misalnya beberapa kota di Kalimantan Barat yang merupakan kota khatulistiwa seperti Pontianak dan Ketapang. Selain itu ada Kupang (Nusa Tenggara Timur), Bima (Nusa Tenggara Barat), Surabaya (Jawa Timur), Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bangka Belitung, Pekanbaru, Semarang, Majalengka, dst. Jadi mesti lebih cermat memilih kualitas kusen UPVC. UPVC yang tidak berkualitas ketika menghadapi musim hujan atau kena air hujan tampak fine-fine saja. Tetapi begitu kena sinar matahari maka akan mulai tampak getas. 


Getas itu adalah semacam garis-garis kecil nan-halus yang timbul di permukaan UPVC tetapi masih tampak utuh. Getas jika lama-lama dibiarkan akan retak. Jika sudah retak ya celaka! Anda pasti tahu maksud kami. Jadi UPVC yang tidak berkualitas seiring waktu penggunaan akan getas bahkan bisa hanya di bawah 1 tahun kena penjemuran sinar matahari langsung. Terutama untuk jendela-jendela yang menghadap posisi barat. Seperti kita ketahui, sorotan matahari arah barat menjelang terbenam bisa sangat panas dan berjam-jam. 


Garis Selulit


Garis seperti selulit atau stretch mark juga bisa kita temukan di produk UPVC
Serem juga ya garis selulit plus stretch mark ini. Nah, kusen UPVC yang tidak berkualitas bisa begini juga seiring waktu pemakaian. Makanya jangan asal pilih UPVC. Pakai saja yang sudah dikenal secara global! image: popmama.com

Selain getas, UPVC yang tidak berkualitas juga akan memunculkan garis-garis panjang, berkelok-kelok, bergelombang, terputus-putus bahkan aneh layaknya selulit (stretch mark) yang sering kita jumpai di paha, bokong, betis, perut, lengan, dsb. Tahukan yang namanya selulit? Biasanya dialami oleh kaum perempuan terutama sehabis melahirkan atau mereka-mereka yang memiliki bobot berat badan lebih yang tiba-tiba menyusut atau proses diet ketat. Selulit itu sebenarnya hanya masalah timbunan lemak dan perubahaan adaptasi di bawah kulit. Kalau stretch mark itu adalah guratan garis yang timbul seiring perubahan elastisitas kulit atau hormon. 


Nah, UPVC yang tidak berkualitas bisa seperti itu juga seiring waktu. Biasanya karena faktor iklim atau cuaca di mana sering terkena sinar matahari dan hujan secara bersamaan dalam waktu yang lama. Guratan model selulit ini sebenarnya tidak begitu berbahaya dibandingkan getas di atas. Hanya tampilannya yang tidak elok dipandang.


Retak


Kalau ini sudah berat dan super bahaya. UPVC yang tidak berkualitas akan retak hanya dalam waktu singkat. Kalau sudah retak maka daya pakainya sudah pasti tidak bertahan lama. Retak juga tidak bisa diperbaiki atau ditambal dengan lem, semen, sealant, dsb. Penambalan hanya memungkinkan jika retak karena misalnya terbentur benda keras dan dalam area yang sangat kecil. Diolesin sealant tipis-tipis saja sudah cukup.


Retak yang timbul karena kualitas bahan yang jelek maka akan terjadi secara bersamaan di semua sisi kusen baik atas atau bawah. Solusinya sudah pasti harus bongkar dan ganti yang baru. Berarti biaya lagi, bukan? Makanya kami selalu menyarankan: daripada menggunakan merek UPVC yang belum dikenal lebih baik memakai kusen aluminium. Memang kalah benefit dari UPVC tetapi kusen aluminium sudah terbukti tidak bisa retak, tidak getas, tidak menimbulkan garis selulit, dsb. Paling hanya warnanya yang memudar atau catnya yang mengelupas. Tapi masih wajarlah, di dunia ini mana ada yang kekal dan abadi? Manusia saja bisa tua dan meninggal. UPVC yang paling top pun ada masa pakainya dan biasanya sekitar 45 tahun.


Makanya UPVC yang di bawah standar tidak berani memberikan garansi pakai. Bagaimana mau garansi? Mereka yang jual saja tidak yakin dan takut dengan produk mereka sendiri? Jadi betapa pentingnya jika ingin mendapatkan benefit UPVC secara maksimal harus memilih merek-merek kusen UPVC yang sudah diterima secara global. Jangan asal murah saja!


Oke, kami rasa itulah 4 risiko atau bahaya utama penggunaan UPVC yang tidak berkualitas. Secara fungsional, semua UPVC itu sama. Teknologi rongga-rongganya juga sama. Sama-sama bisa menstabilkan suhu, sama-sama kedap suara, sama-sama bisa dirakit untuk jendela, pintu, partisi ruangan, dsb. Yang membedakan hanya daya tahan penggunaannya saja selain risiko-risiko di atas. UPVC CONCH INDONESIA menawarkan anda salah satu pilihan UPVC terbaik yang ada di pasar dengan jaminan kualitas yang sudah terbukti. Garansi 10 tahun sudah sangat luar biasa!