4 Keunggulan Utama Kusen UPVC

Conchindonesia.com - Meski sudah pernah kami jelaskan mengenai keunggulan dan kelebihan kusen UPVC dibandingkan kusen kayu atau kusen aluminium, ternyata di lapangan masih sering dijumpai pertanyaan-pertanyaan yang kurang lebih mirip. Apa sih keunggulan utama kusen UPVC itu sendiri? Mungkin calon-calon pengguna atau pemakai UPVC mau jawaban singkatnya. Jadi sering ditanyakan begini,


"Pak, bisa berikan beberapa alasan mengapa saya harus mengganti kusen kayu atau kusen aluminium dengan kusen UPVC?"


Sebenarnya tidak harus ganti karena budget juga menjadi salah satu faktor pertimbangan. Harga kusen UPVC yang bagus dan berkualitas memang di atas harga rata-rata kusen aluminium biasa. Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Zaman berubah maka berbagai produk di pasaran yang kita temukan juga berubah. 


Empat keunggulan utama kusen UPVC
UPVC sebagai material pembuatan jendela, pintu, partisi ruangan atau lainnya memiliki banyak keunggulan dibandingkan aluminium apalagi kayu. Kedap suara, mempertahankan suhu ruangan, anti rayap, anti korosi, pemeliharaan yang mudah, eco-friendly dan masih banyak lagi lainnya.

Empat Keunggulan Utama Kusen UPVC


LEBIH KEDAP SUARA


Jika ingin memiliki hunian atau ruangan yang lebih nyaman dan lebih privasi, tak bisa disangkal UPVC adalah pilihan terbaik saat ini. Apapun merek UPVC itu sendiri! Karena UPVC jauh lebih kedap suara dari kusen aluminium apalagi kusen kayu. Kok bisa? Jelas bisa karena rongga-rongga di dalam batangan profil kusen UPVC memang diciptakan untuk menahan gelombang suara baik yang masuk atau keluar. 


Gambarannya sederhana. Anda bayangkan sedang membangun benteng-benteng pertahanan musuh atau katakanlah semacam taman labirin. Penuh dengan sekat-sekat, bukan? Nah, sekat-sekat di dalam profil UPVC inilah yang bisa menahan masuknya bunyi atau suara. Istilahnya meredam. Ruangan yang punya banyak sekat pasti akan jauh lebih senyap daripada ruangan yang plong begitu saja. Kurang lebih seperti itu logika sederhananya.


Rongga rongga chamber profil batangan kusen UPVC
Bisa diperhatikan rongga-rongga yang ada (bergaris jingga yang kami tandai). Ada banyak rongga, bukan? Semua ada maksud dan tujuannya dibuat sedemikian rupa. 

Chamber-chamber (rongga-rongga) di kusen UPVC diciptakan untuk tujuan ini. Kusen kayu tidak ada rongga-rongga seperti ini melainkan hanya batangan kayu utuh dan padat. Sementara kusen aluminium rongganya sangatlah terbatas bahkan tidak dikenal teknologi ini. Biar lebih jelas mengetahui apa itu rongga-rongga profil UPVC silakan mengacu ke artikel spesifikasi profil batangan kusen UPVC Conch!


Jadi keunggulan pertama produk kusen UPVC adalah soal kedap suara. Tinggal anda putuskan sekarang apakah mau ruangan yang lebih kedap suara atau yang selama ini bising seperti biasanya.  


MEMPERTAHANKAN SUHU RUANGAN


Selain berfungsi untuk menahan suara atau bunyi, rongga-rongga di kusen UPVC diciptakan juga untuk menahan atau menjaga suhu di dalamnya. Suhu tidak akan cepat berubah karena adanya rongga-rongga seperti ini. Suhu luar tidak akan cepat mempengaruhi suhu di dalam begitu juga sebaliknya. Kalau suhu ruangan kebetulan dingin ber-ac (air conditioner) maka jauh lebih stabil dibandingkan kusen kayu atau kusen aluminium. Begitu juga jika suhu ruangan panas atau hangat maka tetap akan lebih hangat dan panas dari kusen aluminium dan kusen kayu. Dengan demikian jauh lebih hemat biaya listrik karena ac tidak perlu bekerja ekstra keras. 


Berhubung kondisi alam kota-kota di Indonesia yang adalah hutan tropis dan berada tepat di garis lintasan khatulistiwa, musim panas dan kemarau panjang tak terelakkan lagi. Hampir semua bangunan atau ruangan bagi yang mampu pasti membutuhkan mesin penyejuk baik itu ac, kipas angin, air cooler, exhaust fan, cooling pack, dst. Dengan demikian pilihan jatuh pada UPVC tidaklah salah! UPVC bisa menjaga suhu tetap adem ayem karena adanya rongga-rongga ini. Ujung-ujungnya lebih hemat biaya listrik bulanan, bukan? Ac begitu dinyalakan juga akan jauh lebih cepat sejuk dan dingin. Umpama listrik tiba-tiba mati pu, suhu ruangan yang dingin tetap terjaga lebih lama.


Begitu juga di negara-negara Eropa atau wilayah-wilayah yang dingin. Dengan memakai atau memasang pintu jendela berbahan UPVC suhu hangat akan tetap bertahan lama. Suhu musim dingin dari es atau salju tidak akan cepat masuk ke dalam ruangan atau bangunan. 


ANTI RAYAP


Kalau yang ini bandingannya dengan kusen kayu. Kalau dengan kusen aluminium adalah sama: sama-sama anti rayap. Rayap tidak mampu makan aluminium. Rayap juga tidak mau makan UPVC! Jangan sepelekan soal rayap jika rumah kita masih menggunakan kusen kayu. Mau hemat malah bisa jadi boros jika tiap tahun mesti gonta-ganti kusen, panggil tukang pembersih rayap, dsb. 


ANTI KOROSI


Meski kusen aluminium anti rayap, kusen aluminium tidak anti korosi. Makin murah kusen aluminium yang dipakai, biasanya kandungan campuran logamnya pun makin sedikit aluminiumnya. Mungkin lebih banyak besi, seng atau unsur logam lain. Dengan demikian kualitasnya makin rapuh dari efek korosi.


UPVC jelas anti korosi sebab bukan berunsur logam. Meski memang di dalam rangkaian sambungan UPVC menggunakan batangan besi (re-inforce) sebagai salah satu penopang kekuatannya, tetapi semua itu terbungkus rapat oleh UPVC. Bisakah korosi? Bisa saja jika umpama ada air yang masuk ke dalam dan merendam besinya dalam jangka waktu lama. 


Berhubung proses pembuatan jendela atau pintu UPVC menggunakan mesin welding yang menyatukan semua sudut rangkaian UPVC itu sendiri, otomatis boleh dibilang tidak akan ada satu pun titik kemungkinan bocor yang mengakibatkan rembes, dsb. Selain itu besi yang dipakai biasanya adalah jenis besi khusus yang disebut besi galvalum yang memang kualitasnya bagus, anti karat serta anti korosi. Pokoknya amanlah asal bukan besi-besi biasa saja.


Maka itu setiap kali order atau memesan jendela, pintu atau apapun itu yang berbahan UPVC, pastikan semua jeroan dan aksesorisnya benar-benar berkualitas. Sebanding dengan harga pemasangan. Jangan asal mau murah saja lalu mau bagus. Mana ada? Kalau murah tetapi besinya tipis atau besi holow biasa yang bukan standar UPVC, mau? Selain itu meski secara umum keunggulan UPVC adalah sama, prioritaskan merek-merek yang sudah dikenal secara global seperti UPVC CONCH ini. Mengapa? Pasti ada bedanya dalam jangka panjang. Tidak mau dong hunian anda hanya bertahan satu, dua atau tiga tahun? 


Kalau ada uang dan mau yang lebih mahal? Tentu saja ada yang lebih mahal berkali-kali lipat dari CONCH! Cuma belum tahu apakah masuk ke pasar Indonesia. Kalau yang murah sudah pasti banyak dan ini sudah banyak yang masuk. Sesuaikan dengan budget! UPVC CONCH berada di tengah-tengahnya seperti kusen aluminium merek alexindo. Ada dacon, superex, alcomexindo dan ada ykk, dst. Kurang lebih seperti itu!